Minggu, 13 September 2020

Kasir Menebar Kasih

 

Servus!

Hidup di rantau akan meninggalkan kesan, karena lika-likunya yang random dan naik turun semacam naik roller coaster. Jauh, dekat, dalam maupun luar negeri menurut gw gak jadi soal. Ketika jauh dari rumah perantau akan masuk ke dalam situasi baru dan asing. Selama hidup di rantau banyak hal-hal yang memaksa beradaptasi dengan lingkungan baru. Proses adaptasi inilah yang akhirnya akan memperkaya wawasan dan pengalaman perantau tersebut. Hal ini juga yang gw alami selama tinggal di rantau.

Masalah yang muncul ketika merantau beragam macamnya. Ada yang berjuang karena masalah finansial, masalah mental, kebudayaan dan lain sebagainya. Survival of the fittest agaknya berlaku buat orang yang merantau. Kisah nyata. Ada kawan-kawan yang akhirnya menempuh jalan lain dari tujuan awal merantau. Makdarit, perantau selain harus tangguh juga harus kreatif supaya bisa menyelesaikan tujuan awal dan tidak balik kanan kemudian mencari jalan lain. Gw pribadi menghadapi semua masalah yang gw sebutin sebelumnya.

Disclaimer: Di tulisan ini gw gak pengen menampilkan sirkus masalah, sirkus kesusahan dalam hidup selama di perantauan. Bukan dalam rangka berlomba pamer kesedihan atau kesusahan hidup, bukan juga untuk mendulang simpati. Murni gw hanya pengen membagikan pengalaman hidup gw.

Ada sebuah masa di mana gw harus bayar kuliah, tapi uang di bank cuman seuprit. Ibarat kata mau beli cilok aja bakal dicengin sama abangnya. Mungkin dia bakal bilang

"Mending gw jadi tukang cilok tapi ada duitnya".

Maka di waktu tersebut hal yang paling logis buat dilakuin adalah kerja dan ngumpulin duit. Gw daftar di sebuah portal online untuk cari kerjaan. Singkat cerita gw daftar kerjaan jadi kasir dan akhirnya diterima kerja jadi kasir di sebuah supermarket di Berlin. Kerjaan kasir di supermarket sekilas santuy dan gw merasa familiar dengannya, karena gw bertahun-tahun belanja di supermarket dan alhamdulillah selalu bayar. Betul. Bayarnya ya harus di kasir. Terang aja gw ngerasa familiar dengan pekerjaan seorang kasir. Kenyataannya?

Dua minggu pertama ancur. Lo pada pernah dong mengalami kepanikan di tengah situasi yang masuk kategori genting. Pertama yang jelas IQ mendadak jongkok, sehingga otak gak bisa menghasilkan pemikiran-pemikiran brilian. Efek yang paling menyebalkan adalah basket alias ketiak basah berlebih. Kenapa bisa jadi panik? karena lo gak bakal tahu apa yang bakal dilakukan oleh pembeli. Bisa jadi dia bertanya hal yang aneh, bisa juga dia marah-marah akibat dari lambatnya gw kerja. Ada 1001 kemungkinan hal yang bisa dilakukan oleh pembeli. 

Selepas dua minggu awal, gw udah mulai menemukan ritme dan mulai nyaman, karena gw udah lebih banyak tahu hal-hal dasar tentang perkasiran duniawi. Soal teknis udah beres. Ada lagi hal baru yang juga mengganjal. Selain kelakuan pembeli yang beragam, karakter atau pembawaan diri pembeli juga gak cuma 1 atau 2 tipe. Yang ini juga bikin jantung berdebar. Kalo pas dapet pembeli nenek-nenek santuy gitu enak, ya. Tapi kalo manusia paruh baya yang dateng setelah bekerja seharian terus dia ngantri di tempat gw, nah, itu yang menyeramkan. Karena sempet ada sekali waktu gw digas hanya karena dia berdirinya "lama". Pas ngantri. Pusing dah. 

Emang dasar orang Indonesia yang murah senyum, gw sih menghadapinya dengan senyuman aja. Seperti lagu Band Dewa 19. Lawan gw adalah orang Jerman yang dasarnya emang kaku. Alhasil, gak selalu senyuman gw dibalas dengan senyum. Kadang dicuekin, kadang disenyumin balik. Gw gak nyalahin mereka sih, karena bisa aja mereka baru aja menjalani hari yang menyebalkan. Ya bodo amat. Tapi berbeda ceritanya jika ada pembeli yang membalas keramahan gw. Jadi sama-sama senyum gitu. Momen yang singkat itu ternyata bisa berefek positif ke gw dan (semoga) juga ke pembeli tersebut. 

Yang gw pelajari adalah mood baik itu menular, begitu juga sebaliknya. Pembeli yang nyuekin dan manyun-manyun gitu berefek banget ke gw. Jadi males aja dan jadi bete. Dianya bete dan gw juga jadi ketularan bete dan akhirnya jadi saling bersungut-sungut. Sama halnya ketika gw yang jadi pembeli. Gw udah sadar bahwa dijutekin oleh pembeli itu gak enak. Makdarit, gw berusaha ramah kepada para kasir setiap kali gw berhadapan dengan mereka. Nah, ternyata niat baik tak selalu mulus. Ada aja saatnya gw udah ramah, eh, si kasirnya malah jutek. Alih-alih pengen ramah gw malah jadi males dan walhasil gw jutekin balik. Interaksi kan dua arah, ya. Jadi, kedua belah pihak harus sama-sama mengusahakan supaya jadi nyaman ketika berinteraksi.

Udah segitu aja. Berinteraksi lah dengan baik dan patut. Sebarkan aura positif, karena hal tersebut bisa menular. Berlakulah ramah kepada para kasir, karena sesungguhnya mereka lelah sama kaya lo.
 
Jangan lupa cuci tangan setelah keluar rumah!
 
Sekian. 

(Photo by zibik on Unsplash)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Credit

Logo by : Cup graphic by Madebyoliver from Flaticon is licensed under CC BY 3.0. Made with Logo Maker